TEXT BERJALAN

SALES CONSULTAN : PANJI ( 021-9255.2233 / 0857.1900.3039 / 0838.995.995.12 ) KEPUASAN ANDA ADALAH KEBANGGAAN KAMI

NAVIGATOR 1 / NAV 1


NAV 1


  PT Toyota Astra Motor (TAM), menghadirkan produk terbarunya di Kota Medan yakni Toyota NAV1. Produk ini melengkapi produk line up di segmen multi purpose vihicle (MPV) high. Menariknya, produksi kendaraan terbaru ini menggunakan komponen dalam negeri sampai 70 persen.
Hal ini disampaikan F Soerjopranoto Sales Deputy Division Head PT TAM saat peluncuran Toyota NAV1 di Hotel Santika Medan, Rabu (16/1).


"Komponen lokal dari NAV1 ini mencapai 60 sampai 70 persen diproduksi dari dalam negeri," katanya.
Kendaraan tersebut diproduksi di PT Sugity Creatives, anak perusahaan Toyota Auto Body yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat. Toyota Auto Body merupakan bagian dari Toyota Group Companies1 yang berpengalaman dalam memproduksi MPV luxury berstandar internasional seperti Alphard dan Land Cruiser.
Menurut Soerjapranoto, untuk memberikan jaminan kualitas, seluruh proses produksi NAV1 berada di bawah pengawasan langsung PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia yang sudah pengalaman memproduksi Kijang Innova dan Fotuner. Kelebihan NAV1, katanya, kelasnya hampir sama dengan Alphard.

"Hanya saja di Indonesia kalau menggunakan Alphard harus memakai supir, sehingga dikeluarkannya NAV 1 tidak menggunakan supir ya tidak malu-maluin," jelasnya.
Sementara, Hendra Purnawan Operation, Manager Wilayah Sumatera Auto 2000 mengatakan harapannya terhadap NAV1.
Selama ini, konsumen yang ingin beli Alphard namun kebesaran untuk dikendarai sendiri.

"Sehingga dengan dikeluarkannya NAV1 ini bisa memenuhi pasar tersebut. Apalagi dengan perkembangan ekonomi Sumut 2013, harapannya pasar penjualan bisa terus ditingkatkan," kata Hendra.
Martogi Siahaan Kepala Cabang Auto 2000 Amplas mengatakan, Toyota NAV1 merupakan MPV yang secara khusus didesain sebagai kombinasi sempurna dari prestisius dan kenyamanan bagi keluarga modern.
"Toyota NAV1 akan menjadi partner yang tepat untuk menunjang aktivitas sehari-hari baik pekerjaan maupun quality time bersama keluarga," kata Martogi.
NAV1 on the road pasar Sumut untuk tipe G dibanderol Rp 404 juta, sedangkan tipe V sebesar Rp 425 juta. Diharapkan di Sumut bisa terjual 10-12 unit per bulan.
Soerjapranoto mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir, segmen MPV memperlihatkan peningkatan demand yang cukup signifikan. Pada 2008, total market segmen ini mencapai 240 ribu unit. Dalam lima tahun, angka ini mampu naik hampir dua kali lipat.
Sepanjang Januari hingga November 2012 kemarin, total market segmen MPV ini tercatat sebanyak 256 ribu unit. Bisa dikatakan bahwa MPV merupakan segmen paling gemuk karena menguasai pangsa pasar sebanyak 44,4 persen.

Sementara itu dalam 10 bulan pertama 2012, market shares Toyota di segmen MPV mencapai 53,6 persen dengan total penjualan 244 ribu unit di mana Toyota Avanza menjadi tulang punggung dengan total penjualan 157 ribu unit.
"Pada 2012 kemarin merupakan rekor tersendiri bagi dunia otomotif, semua merek mampu menjual produknya sebanyak 1,8 juta unit," kata Soerjapranoto.