TEXT BERJALAN

SALES CONSULTAN : PANJI ( 021-9255.2233 / 0857.1900.3039 / 0838.995.995.12 ) KEPUASAN ANDA ADALAH KEBANGGAAN KAMI

GRAND NEW FORTUNER VNTURBO


PT Toyota Astra Motor (TAM) pantas saja optimistis dengan Grand New Fortuner. Tenaga SUV bongsor yang sebelumnya dikeluhkan konsumen itu dijawab dengan Variable Nozzle Turbo (VNT) yang dilengkapi intercooler. Klaim TAM, tenaganya naik 41 persen menjadi 144 PS dari 102 PS. Juga torsi naik 32 persen jadi 343 Nm  dari 260 Nm.

Baiklah, pembuktiannya tidak ada jalan lain, dites! Dan KompasOtomotif berkesempatan menguji besarnya power Toyota Fortuner VNT dalamtest drive media di Bandung, Senin-Selasa (10 dan 11 September). Lokasi tes dipilih daerah Lembang dan sekitarnya yang konturnya berbukit-bukit, agar bisa merasakan tenaga Fortuner VNT sesungguhnya. 

Kencang Tapi IritPemasangan peranti VNT dan intercooler membuat akselerasi SUV berbobot 1,8 ton itu terasa enteng. Dipacu pada jalan lurus Tol Purbaleunyi, torsi Fortuner VNT transmisi otomatik sudah didapat pada rpm 1.800-2.000. Menyalip kendaraan lain pun tak perlu "ngoyo", cukup dengan menginjak sedikit pedal gas lebih dalam, atau memindahkan tuas transmsi dari “D” ke "3".

Hal yang sama juga bisa dirasakan pada jalanan menanjak dengan sudut kemiringan mencapai 45 derajat. Tenaganya terus menyembur meski diisi empat orang plus barang bawaan di bagasi. Aktivitas yang dilakukan di daerah pegunungan pun lebih menyenangkan.

"Kendala yang banyak dikeluhkan konsumen pada Fortuner lama adalah lemahnya tenaga di putaran bawah. Dengan VNT yang sanggup menyuplai tenaga lewat dinamisnya gerakan nozzle(lubang/ sirip) untuk menghembuskan udara ke turbin, di rpm rendah tenaga sudah besar," ujar Iwan Abdurahman, Head of Technical Support Department TAM.